KCD III Asep Sudarsono Respon Pertanyaan Seputar PPDB

KCD III Asep Sudarsono Respon Pertanyaan Seputar PPDB

Bekasi-Berindo

Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan (KCD) Wilayah III Jawa Barat, Asep Sudarsono baru-baru ini merespon tingginya minat siswa yang hendak masuk sekolah negeri melalui prosedur PPDB pada jenjang SMA/SMK/SLB tahun ajaran 2022.  

Segala persiapan pelaksanaan PPDB, mulai dari  pembukaan pendaftaran tahap I, Senin (6/8) lalu, sebagian besar data calon peserta sudah dapat diinput kedalam sistem PPDB Jabar sampai dengan  ditutupnya PPDB tahap I tanggal 10 Juni 2022, Asep beserta para Dewan Pendidikan Kota Bekasi masih tetap memantau.

Bahkan dalam keterangan persnya, Asep menguraikan beberapa alasan terkait dengan banyaknya pertanyaan dari masyarakat perihal PPDB SMA, SMK, SLB 2022 sudah ditutup sejak tanggal 10 Juni 2022, namun peserta PPDB masih terus bertambah.

“PPDB ditutup tanggal 10 Juni 2022, tetapi kenapa peserta PPDB setelah itu terus bertambah ?, sehingga ada anak pada tanggal 10 Juni 2022 masuk peringkat yg bakal d terima, ternyata pada hari berikutnya tergeser oleh siswa baru ? Perlu saya jelaskan, pertama,  pendaftaran PPDB tahap 1 mulai 6 – 10 juni 2022, maka setelah 10 Juni 2022 secara otomatis sistem menutup pendaftaran. Kedua, Siswa yg muncul dilist pendaftaran PPDB adalah siswa yg melakukan pendaftaran dalan rentang 6-10 juni 2022 yang sudah di verifikasi dan semua syarat umum dan syarat khusus lengkap. Ketiga, bagi persyaratan yang belum lengkap, panitia verifikasi menghubungi orang tua atau siswa untuk melengkapinya. Keempat, jadwal verifikasi data siswa mulai tanggal 10 sampai dengan 13 Juni 2022. Kelima, idealnya pada saat siswa daftar langsung di verifikasi, namun melakukan verifikasi perlu waktu dan kehati-hatian karena menyangkut nasib siswa. Keenam, akhirnya ada pihak sekolah mendahulukan melayani pendaftaran, sambil melakukan verifikasi secara bertahap sehingga siswa yang sudahh diverifikasi sebelum tanggal 10 juni 2022, maka muncul dilist pendaftaran. Sisanya dilakukan sampai tgl 13 juni 2022, yang berakibat list nama pada tanggal 10 juni 2022 akan mengalami perubahan sesuai dengan hasil verifikasi yang di lakukan oleh pihak sekolah. Ketujuh, karena PPDB 2020 menggunakan aplikasi, maka setelah tanggal 10 Juni 2022 “menu Pendaftaran” sudah tidak bisa diakses oleh siapapun, yang masih bisa di akses adalah menu”verifikasi”. Jadi itu yang mendasari atau alasan tentang adanya perubahsn list di Pendaftaran PPDB 2022,” tegas Asep dalam keterangan persnya melalui pesan singkat.

 

Lebih lanjut Asep juga mengimbau, agar calon peserta yang mendaftar ke sekolah tujuan agar mengiikuti sesuai aturan di sistem PPDB Jabar. Karena, jika data calon peserta yang tidak sesuai atau tidak lengkap, maka sistem langsung menolaknya.

 

#dev